Kamis, 30 Desember 2021

Patah Tumbuh, Hilang Berganti


KBM (30/12)-“Semua pasti berubah, mau tidak mau. Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin. Semua pasti berakhir, siap tidak siap.” Hari ini, Kamis, 30 Desember 2021 keluarga besar SMAN 1 Kebumen melepas salah satu guru senior yang telah mengabdi selama 33 tahun 9 bulan sebagai ASN. Bertempat di ruang aula, pelepasan Bapak Drs. Rojikun dikemas dalam bentuk sederhana, tetapi penuh makna.

Berdasarkan SK dari gubernur Jawa Tengah, Bapak Rojikun akan resmi purna tugas pada tanggal 1 Januari 2022 mendatang. Bapak Rojikun merupakan guru bahasa Inggris yang telah mengabdi di SMAN 1 Kebumen sejak Januari 1990. Bapak dua anak ini menempuh jarak kurang lebih 40 km setiap hari untuk sampai di sekolah. Setiap hari, Beliau berangkat pukul 05.00 pagi guna menghindari kemacetan dan memastikan untuk bisa sampai di SMAN 1 Kebumen dengan tepat waktu.

Pelepasan hari ini berjalan dengan lancar. Acara dimulai dengan penyampaian kesan pesan dari Bapak Rojikun untuk keluarga besar SMAN 1 Kebumen. Dalam sambutannya, Pak Ro, panggilan akrab Beliau mengucapkan permohonan maaf dan rasa terima kasih setulus-tulusnya atas dukungan dan kerja sama yang baik selama Beliau mengabdi di SMAN 1 Kebumen. Beliau juga berpesan agar keluarga besar SMAN 1 Kebumen tetap menganggap Beliau sebagai keluarga meskipun sudah berstatus purna tugas. “Saya harap Bapak Ibu semua masih mau menganggap saya sebagai keluarga sehingga saat ada kabar bahagia, saya masih diajak untuk ikut merasakannya,” ujar Pak Rojikun di akhir sambutannya hari ini.

Setelah sambutan dari Pak Rojikun, acara berikutnya adalah sambutan pelepasan dari kepala SMAN 1 Kebumen, yaitu Bapak Rachmat Priyono, S.Pd., M.M. Dalam sambutannya, kepala SMAN 1 Kebumen mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Rojikun yang telah bekerja dengan sangat baik dan penuh loyalitas selama berada di SMAN 1 Kebumen. Selain itu, mewakili keluarga besar SMAN 1 Kebumen, Bapak Rachmat Priyono juga memohon maaf yang setulus-tulusnya apabila dalam bergaul selama ini mungkin ada salah kata atau perbuatan, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. “Sekali lagi, selamat memasuki masa purna tugas, Pak Rojikun. Semoga Pak Rojikun senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan dalam menikmati masa pensiun ini. Masa pensiun ini adalah masa berakhirnya karya Pak Rojikun di lembaga pendidikan resmi, tapi semoga Pak Rojikun masih bisa terus berkarya di luar sana,” ujar Pak Rachmat saat menutup sambutannya

Setelah pelepasan resmi dari kepala SMAN 1 Kebumen, acara selanjutnya pemberian tanda kasih kepada Bapak Rojikun. Tanda kasih ini merupakan tanda ucapan terima kasih dari SMAN 1 Kebumen kepada Bapak/Ibu guru atau karyawan yang telah purna tugas dan atau berpindah tempat pengabdian. Di akhir acara, seluruh Bapak/Ibu guru dan karyawan SMAN 1 Kebumen melakukan jabat tangan dengan Pak Rojikun sebagai tanda perpisahan sekaligus pemberian doa agar Pak Rojikun senantiasa sehat dan senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, di mana pun berada.

Kontributor: Wahyu Oktaviani

Tags :

admin