Kamis, 14 Oktober 2021

OSIS dan MPK : Siapakah yang Akan Menjadi Pemimpin Selanjutnya?

Kebumen (SMAN 1 Kebumen) -- Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS dan MPK atau Majelis Permusyawaratan Kelas merupakan salah satu wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK selalu semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah. Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti.

Hal yang sama juga dirasakan di SMAN 1 Kebumen. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Orasi Ketua OSIS dan MPK diadakan secara online. Pada Jumat (15/10/2021), Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) SMAN 1 Kebumen menyelenggarakan kegiatan orasi ketua OSIS dan MPK yang bisa disaksikan secara virtual oleh semua warga sekolah melalui platform Zoom, dan selanjutnya akan diunggah melalui YouTube agar bisa ditonton ulang.

“Kalau saya pribadi setuju, karena kalau diundur undur lagi malah buang-buang waktu. Kalau ambil hari Senin sampai Kamis urusannya dengan guru guru yang lain apalagi masih banyak yang PJJ, kalau dilaksanakan di hari Sabtu juga kurang pas, jadinya kurang antusiasme dari audience”, ungkap Mochamad Razif Aszhar, Ketua Umum OSIS 2020/2021

Orasi dimulai pukul 13.30 WIB melalui live streaming Zoom; diawali dengan perkenalan diri serta orasi dari masing-masing calon kedua organisasi tersebut, dilanjutkan penyampaian visi dan misi dari masing-masing calon. Adapun sesi tanya jawab dari beberapa pengurus OSIS masa bakti sebelumnya dan dari warga sekolah yang akan dipilih secara acak melalui kolom komentar di Zoom.

Calon ketua OSIS SMAN 1 Kebumen tahun 2021/2022 ada 3 siswa, yaitu:
1) Ragil Wahyu Saputra dari kelas XI MIPA D
2) Christofer Marvel Hatane dari kelas X MIPA A
3) Naurah Aisha Nathania dari kelas XI MIPA A

Selain itu, ada juga calon ketua MPK SMAN 1 Kebumen tahun 2021/2022 yang berjumlah 3 siswa, yaitu:
1) Nicolas Christanto dari kelas XI MIPA E
2) Sahara Rizky Salsabiila dari kelas X IPS A
3) Herro Elang Liridhaka dari kelas XI MIPA C

Selanjutnya pada Jumat, (22/10/2021) para warga SMAN 1 Kebumen mulai menggunakan hak suaranya mulai pukul 10.00 – 13.00 WIB. Teknis pemilihannya pun tidak begitu rumit. Pemilu dilakukan secara online melalui media form yang akan dibagikan pada hari pemilihan, semua warga sekolah mendapatkan kesempatan untuk memilih kandidat terbaik versi mereka.

“Kalau dari saya, secara keseluruhan sudah cukup bagus, rapih juga perencanaannya”, ungkap Bagus Fatkhurrohman, Ketua Umum MPK 2020/2021.

Semoga momentum Orasi dan Pemilu ini bisa dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi teman-teman siswa SMAN 1 Kebumen, dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pemilu tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS dan MPK. Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan sekolah.

Tags :

admin