Berkarya untuk Negeri

Kabupaten Kebumen saat ini telah memiliki himne dan mars yang dilaunching pada tanggal 21 Agustus 2022 bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Kebumen ke-393. Hal ini sesuai dengan amanat dari Peraturan Daerah (Perda) No. 06 Tahun 2022 tentang pembaharuan Lambang Daerah yang di dalamnya memuat tentang perlu adanya himne dan mars Kebumen. Himne dan mars ini mencerminkan identitas dan karakter masyarakat Kabupaten Kebumen dengan keberagaman budaya serta potensi alam yang menjanjikan.

Slamet Pramono, guru SMA Negeri 1 Kebumen didapuk untuk menciptakan mahakarya himne dan mars langsung dari bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Slamet Pramono didaulat langsung untuk mempersembahkan karya terbaik dari tangan dingin yang piawai menghasilkan lirik penuh makna dan nada harmonis pentatonis.

Peresmian himne dan mars ini dilakukan secara langsung bersamaan dengan adanya karnaval hari jadi Kabupaten Kebumen dan penandatangan MoU antara bupati Kebumen dan Slamet Pramono di Pendopo Kabumian. Disaksikan oleh seluruh jajaran kabupaten Kebumen himne dan mars ini resmi menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kebumen. Bentangan alam yang menyulur sejauh mata memandang dari ujung selatan hingga ujung utara melalui liuk geopark Karang Sambung-Karang Bolong menjadi salah satu inspirasi terciptanya himne dan mars ini.

Untaian zamrud khatulistiwa yang disematkan pada Indonesia hakikatnya Kebumen adalah miniaturnya. Hamparan laut, menjulangnya pegunungan, derai air terjun, megahnya goa menjadi permata yang tersimpan dalam bumi. Maka, tak salah jika Kebumen adalah kabupaten dengan julukan Bumi Tirta Praja Mukti, daerah dengan dikelilingi air memiliki sumber daya manusia berupa pemuda sehingga menjadikannya makmur dan sejahtera.

Selain menciptakan mars dan himne kabupaten Kebumen, Slamet Pramono yang berdarah seni turut serta menciptakan mars dan himne instansi lain seperti Universitas Putra Bangsa, Universitas Muhammadiyah Gombong, SMA/SMK Muhammadiyah, dan banyak lainnya. Selain piawai mencipta syair berupa alunan harmoni sebuah mars dan hi


mne, beliau juga memiliki kapasitas dalam bidang pedalangan, macapat, pembawa acara bahasa Jawa, bahkan sudah menembus tingkat provinsi untuk performance bahasa Inggris. Semoga ke depan Kebumen semakin Makmur dan sejahtera dengan berbagai potensi yang dimiliki mampu bersaing tidak hanya dalam level nasional, tetapi mampu bersaing dalam level global. Bumi Tirta Praja Mukti semakin menggema se-antero dunia dengan karya dan prestasi yang mumpuni. Doa dan dukungan semua pihak menjadi modal besar menjadikan kabupaten Kebumen patut diperhitungkan dengan segala potensi yang tersedia.





Tags :

admin