Minggu, 17 Oktober 2021

Penggunaan 3 Bahasa dalam Orasi Pemilihan Calon Ketua Osis dan Ketua MPK SMAN 1 Kebumen Perioede 2021/2022


KBM (15/10)-Jumat siang, 15 Oktober 2021, keluarga SMAN 1 Kebumen terlibat dalam pelaksanaan Orasi Pemilihan Calon Ketua Osis dan Ketua MPK SMAN 1 Kebumen Perioede 2021/2022. Kegiatan orasi ini merupakan salah satu rangkaian acara yang harus diselenggarakan sebelum pelaksanaan pemilu guna memilih ketua OSIS dan ketua MPK masa bakti 2021/2022. Agenda orasi ini dilaksanakan secara langsung di ruang aula SMAN 1 Kebumen dan disiarkan secara streaming melalui zoom meeting yang diikuti oleh sedikitnya 370 peserta.

Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan orasi tetap berjalan dengan lancar. Seluruh komponen yang telibat secara langsung di aula SMAN 1 Kebumen juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, mulai dari mencuci tangan sebelum memasuki lingkungan sekolah, melakukan pengecekan suhu, memakai masker, menjaga jarak, serta membatasi mobilitas. Kelancaran acara ini tentu tidak lepas dari peran serta panitia penyelenggara yang telah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan berkoordinasi bersama pihak sekolah yang diwakili oleh bidang kesiswaan dan bidang humas.

Ketua pelaksana pada acara orasi ini adalah Gita Citra Kamila dari kelas XI MIPA A. Persiapan pelaksanaan acara ini tergolong singkat, yaitu hanya dua minggu. “Selaku panitia, kami sempat kesulitan memilih hari untuk pelaksanaan orasi karena tidak boleh berbenturan dengan jadwal PTMT maupun PJJ. Selain itu, kami juga membutuhkan tenaga profesional untuk melakukan siaran secara langsung melalui zoom karena pihak sekolah belum memiliki tenaga dan alat yang memadai,” kata Nurmalita, salah seorang siswa yang juga menjadi panitia pelaksanaan pada acara orasi ini.

Sementara itu, Nicolas, salah seorang calon ketua MPK mengatakan bahwa hari ini dia sangat senang dan bangga karena dapat terpilih sebagai salah satu kandidat yang akan memegang roda kepemimpian organisasi di SMAN 1 Kebumen. Bagi Nico, pengalaman orasi sebagai calon ketua MPK merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Meski sedikit gugup, tapi Nico merasa bahwa kegiatan orasi tadi siang cukup mampu menguji kredibilitas dari masing-masing calon ketua. “Acara tadi siang sudah berjalan lancar, terstruktur, dan sangat transparan. Saya berharap seluruh siswa smansa menjadi semakin mengerti tentang pentingnya organisasi. Sebab, dengan berorganisasi, jiwa kepemimpinan, soft skill, dan kreativitas lain akan terasah semakin baik.”

Siswa-siswi yang menyaksikan acara orasi dari rumah juga berpendapat bahwa acara orasi Calon Ketua Osis dan Ketua MPK SMAN 1 Kebumen Perioede 2021/2022 berjalan dengan sangat baik. Menurut Lugas dan Husain dari kelas XI MIPA B, acara orasi berjalan dengan lancar dan berjalan tepat waktu. Meski saat sesi tanya jawab menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Jawa cukup menyulitkan para kandidat untuk menjawab pertanyaan dan sedikit membuat bingung para pendengar, tetapi hal itu tidak mengurangi semangat para pemirsa di rumah untuk mengikuti acara orasi sampai selesai.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan kecakapan penguasaan bahasa, SMAN 1 Kebumen memang selalu berusaha menggunakan 3 bahasa sekaligus dalam acara-acara besar. Tiga bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris. Selain untuk memupuk kecakapan berbahasa, penggunaan bahasa Indonesia, bahasa Jawa, dan bahasa Inggris juga merupakan wujud dari SMAN 1 Kebumen yang mendukung program pemerintah untuk mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Di sisi, lain, Razif, Ketua OSIS SMAN 1 Kebumen masa bakti sebelumnya mengatakan bahwa persiapan acara orasi dimulai dari pengajuan proposal kepada pihak sekolah. “Dua hari sebelum pelaksanaan orasi, kami panitia melakukan penataan tempat, memilih moderator serta pembaca acara, juga memberikan undangan kepada pihak-pihak yang terlibat. Kemudian, pada H-1 pelaksanaan, kami mencetak banner, memastikan keadaan soundsystem, dan mengadakan gladi bersih.” Meski persiapan berjalan secara singkat, menurut Razif, semua berjalan sesuai dengan rencana. Di akhir wawancara, Razif, siswa kelas XII MIPA D ini menyampaikan harapannya untuk kepengurusan OSIS dan MPK di periode selanjutnya. “Saya berharap, masa kepemimpinan yang akan datang dapat terlaksana sesuai rencana yang sudah teman-teman rencanakan. Semoga koordinasi antarorganisasi dapat berjalan dengan lebih baik. Saya juga berharap apa pun hasil pemilu nanti, semua kandidat akan tetap melaksanakan janji-janji yang telah disampaikan saat orasi tadi, yaitu untuk bersama-sama memajukan SMAN 1 Kebumen.”

Setelah acara orasi ini selesai, rangkaian acara dalam rangka pemilihan ketua OSIS dan ketua MPK SMAN 1 Kebumen periode 2021/2022 masih akan berjalan. Rangkaian acara tersebut ialah masa kampanye yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-20 Oktober 2021 dan pemilu yang akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Oktober 2021.-WO

Tags :

admin