Rabu, 30 Juni 2021

Muhammad Faishal Afiq Tri Yanto, Peraih Nilai Sempurna UTBK


KBM (1/7)- Muhammad Faishal Afiq Tri Yanto, putera dari Bapak Tri Yanto dan Ibu Pratiwi Handayani berhasil memperoleh nilai sempurna dalam UTBK mapel Kimia. Anak kedua dari tiga bersaudara ini tinggal di Perum Mega Biru 2 blok C5 Bumirejo, Kebumen. Dalam persiapannya menuju UTBK, hal yang ia lakukan ialah belajar dengan lebih intens. Baginya, masa pandemi seperti ini justru sedikit menguntungkan sebab ia dapat lebih fokus belajar karena tidak dapat pergi kemana-mana. Selain hobi berolahraga, Faishal juga merupakan anak yang aktif di sekolah. Beberapa kegiatan yang ia ikuti di antaranya yaitu Pramuka, PKS (Patroli Keamanan Sekolah), dan Iksapala.

Sebelum menempuh pendidikan SMAN 1 Kebumen, anak yang memiliki tokoh idola Nikola Tesla ini merupakan siswa di TK Ya Bunayya (islamic centre), SD IT Al-Madinah, dan MTsN 1 Kebumen. Label sebagai anak yang tidak bisa diam ketika pelajaran ternyata membuat ia menjadi seorang anak yang pandai berkomunikasi dengan banyak orang, termasuk bapak ibu guru.

Selain sekolah, kegiatan yang ia ikuti untuk persiapan UTBK tahun ini ialah mengikuti les. Dengan les yang diikutinya tersebut, Faishal merasa mendapat pemahaman lebih tentang materi-materi UTBK yang akan diujikan. Akibat kegigihannya dalam belajar, saat ini Faishal telah memperoleh bangku untuk kuliah di Fakultas Kedokterasn Universitas Jenderal Soedirman.

Sebagai peraih nilai UTBK sempurna dalam mapel Kimia, Faishal membagikan beberapa tips untuk menghadapi UTBK yang selama ini dirasa menakutkan bagi siswa-siswa SMA. “Aku saranin buat temen-temen yang mau belajar UTBK untuk bikin jadwal belajar supaya belajarnya bisa konsisten dan teratur, tentunya harus tanggung jawab juga sama jadwalnya. Terus kalian ngga perlu minder kalau ada temen yang belajar berjam-jam sedangkan kita engga karena tingkat fokus orang itu berbeda beda. Percuma kalau belajar lama tapi ngga fokus. Nanti ilmunya malah ngga nempel di otak.” Itulah sedikit pesan yang Faishal sampaikan bagi teman-teman yang akan menghadapi UTBK maupun tes-tes lain untuk meraih cita-cita. Meskipun saat ini Faishal telah memperoleh tiket untuk masuk di fakultas kedokteran, ia tetap tidak lupa memberi doa dan semangat pada teman-temannya untuk tetap berjuang meraih tiket bangku perkuliahan. Itulah Muhammad Faishal Afiq Tri Yanto, si anak tidak bisa diam yang membanggakan.

Tags :

admin